Pentingnya Kepercayaan
Pentingnya Kepercayaan dalam Berbisnis
Jika memulai
usaha tidak mesti menunggu punya modal terlebih dahulu. Modal yang dimaksud di
sini tentunya berbentuk uang.
Begitupun jika
hendak menjadi pengusaha, tidak mesti memproduksi barang terlebih dahulu,
kemudian menjualnya. Tapi yang bersangkutan bisa
memulai dengan menjualkan barang orang lain. “Saya dulu tidak punya
modal, saya pergi ke beberapa teman, saya tanya yang punya toko, saya tawarkan
mereka mau tidak barangnya saya jualkan, dengan cara kredit. Mereka oke,
percaya barangnya saya bawa, sampai di rumah, saya kreditkan dengan tetangga,
kawan, orang-orang yang butuh,
- Membangun Kepercayaan
Pada posisi memulai tanpa modal, memang saya akui
dibutuhkan kejujuran atau dapat dipercaya. Kepercayaan bisa diraih melalui
komunikasi atau cara penyampaian yang baik, atau juga track record seseorang.”Kalau kita
kenal dengan orang, baik sama orang, tidak pernah ‘ini-itu’, orang pasti
percaya dan mau kerjasama sama kita,”
"BISANIS ITU MODAL TERBESERNYA KEPERCAYAAN "
Jika yang dipercayakan atau reseller tersebut pandai menjual barang si
agen, maka kepercayaan yang diberikan akan lebih besar lagi. Dan
secara otomatis, akan semakin banyak
pula keuntungan yang didapat oleh resellerMenurut saya dan berdasarkan
pengalaman pribadi , kalau seseorang memang punya niat kuat untuk berusaha
mencari rejeki, maka pasti ada jalannya. “Sekarang ini kerjakan saya dan paling
penting menjaga kepercayaan orang yang
memberi kita pekerjaan, para pembeli serta rekan kerja. Jangan terlalu banyak
menghayal,”
2. Memantaskan Diri untuk Dipercaya?
Bangkitkanlah kepercayaan orang lain pada diri anda. Tidak mudah orang akan
menyerahkan sejumlah uang untuk dikelola orang lain bila orang tersebut belum
bisa memberikan kepercayaan yang bisa membuktikan kemampuannya dalam mengelola
uang tersebut
3. Menepati janji
Seorang professional akan melihat Anda
professional atau tidak dari sikap Anda ketika membuat janji. Jika Anda
melanggar janji atau jadwal yang sudah ditentukan, pastinya mitra bisnis akan
memberikan kartu kuning kepada Anda. Maksudnya, mereka akan mempertimbangkan
kembali apakah Anda orang yang tepat atau bukan untuk dijadikan mitra bisnis.
Tidak menepati janji merupakan bentuk penghianatan dan itu berbahaya dalam
dunia bisnis. Hal selanjutnya yang terjadi bisa kebohongan, penipuan dan lain sebagainya.Sebaliknya
dengan bersifat menepati janji, selain Anda terlihat professional juga
merupakan orang yang disiplin dan bahkan bisa dianggap orang yang pantas
dipercaya. Menepati janji sama halnya dengan membangun kesuksesan.
4. Tepat waktu
Reputasi Anda akan menjadi baik ketika Anda tepat waktu. Tepat waktu sangat
berkaitan dengan kedisplinan dan kedisiplinan sangat dekat dengan kesuksesan.
Ketika Anda sering molor dari jadwal yang sudah dibuat, tentu mitra bisnis
tidak akan percaya lagi. Bahkan mereka bisa jadi marah karena seharusnya waktu
yang mereka miliki bisa digunakan untuk yang lain yang lebih bermanfaat dari
pada menunggu kedatangan Anda yang belum pasti.
5. Jangan gunakan
bahasa kasar dan kotor
Pepatah mengatakan, mulutmu harimaumu.
Anda pasti setuju dengan istilah ini. Jika dalam berbisnis Anda suka berbicara
kasar atau kotor, maka siap-siap saja Anda akan merasakan akibatnya dimulai
dari penialian mitra bisnis tentang Anda yang buruk begitu pula ketika mereka
harus membuat referensi tentang Anda. Tentu, bahasa kasar dan kotor akan
membuat reputasi Anda buruk. Sebaliknya, bahasa yang sopan dan santun akan
membuat mitra bisnis merasa nyaman dan dihargai. Ini penting..
"UJIAN ADALAH SALAH SATU CARA MENGELUARKAN IJAZAH
KEPERCAYAAN"
By : Jeson Crispin
Bangkitkanlah kepercayaan orang lain pada diri anda. Tidak mudah orang akan menyerahkan sejumlah uang untuk dikelola orang lain bila orang tersebut belum bisa memberikan kepercayaan yang bisa membuktikan kemampuannya dalam mengelola uang tersebut
Reputasi Anda akan menjadi baik ketika Anda tepat waktu. Tepat waktu sangat berkaitan dengan kedisplinan dan kedisiplinan sangat dekat dengan kesuksesan. Ketika Anda sering molor dari jadwal yang sudah dibuat, tentu mitra bisnis tidak akan percaya lagi. Bahkan mereka bisa jadi marah karena seharusnya waktu yang mereka miliki bisa digunakan untuk yang lain yang lebih bermanfaat dari pada menunggu kedatangan Anda yang belum pasti.
Comments
Post a Comment