Apa yang ada dalam pikiran kamu saat melihat ada bintang jatuh?



Sekilas Peristiwa Langit Tahun 2017


Bintang jatuh. Apa yang ada dalam pikiran kamu saat melihat ada bintang jatuh? Mungkin beberapa orang dari kita akan menutup mata dan memanjatkan doa . Ya, berdoa saat ada bintang jatuh memang sudah menjadi salah satu kebiasaan di berbagai negara.


Para pengamat langit, berikut ini daftar peristiwa astronomi di sepanjang tahun 2017 yang tak boleh Anda lewatkan.

Setiap tahun, kita bisa menikmati banyak sekali peristiwa astronomi. Semuanya menarik, meski untuk itu dibutuhkan lokasi yang bebas polusi cahaya. Wilayah perkotaan masih memungkinkan untuk pengamatan obyek-obyek terang.
Di sepanjang tahun 2017, kita bisa mengamati hujan meteor tahunan yang selalu hadir kala Bumi melintasi wilayah yang dipenuhi sisa debu komet atau gerhana bulan yang bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia. Untuk gerhana Matahari, tahun ini Indonesia tidak berkesempatan untuk melihat fenomena tersebut.


Oposisi & Konjungsi

2 Maret — Konjungsi Neptunus
Neptunus berada pada jarak terjauhnya dari Bumi dan berada pada sisi berlawanan dari Bumi dan Matahari akan berada di antara Neptunus dan Bumi. Dari sudut pandang pengamat di Bumi, Saturnus akan tampak sangat dekat dengan Matahari dan tidak akan tampak bagi pengamat di Bumi.
8 April – Oposisi Jupiter
Planet terbesar di Tata Surya akan berada pada posisi terdekat dengan Bumi dan tampak sangat terang di langit malam. Para pengamat bisa menikmati kehadiran Jupiter sepanjang malam beserta satelit-satelit Galilean pengiringnya.
14 April — Konjungsi Uranus
Uranus akan berada pada posisi terjauh dari Bumi dan Matahari ada di antara kedua planet ini. Akibatnya, pengamat di Bumi tidak akan bisa melihat planet cincin yang menggelinding tersebut, karena jaraknya yang sangat dekat dengan Matahari.
15 Juni – Oposisi Saturnus
Planet yang cincinnya tampak indah itu akan berada pada posisi terdekatnya dengan Bumi tanggal 15 Juni. Jadi jangan lewatkan! Saturnus akan tampak lebih terang dibanding waktu lainnya dan akan dapat dinikmati kehadirannya sepanjang malam. Gunakan teleskop dan kameramu untuk memotret planet cincin ini.
27 Juli — Konjungsi Mars
Setelah tahun 2016, Mars berada pada titik terdekatnya dari Bumi, maka tahun 2017 Mars akan berada di titik terjauh dari Bumi. Mars tidak akan tampak bagi pengamat di Bumi karena akan tampak dekat dengan matahari di langit siang.
5 September – Oposisi Neptunus
Tidak mudah untuk mengamati planet es biru ini. Tanggal 5 September menandai posisi terdekatnya dengan Bumi. Meskipun demikian, Neptunus tetap hanya obyek titik biru di teleskop anda.
20 Oktober – Oposisi Uranus
Setelah Mars, Jupiter, Saturnus dan Neptunus berada pada posisi terdekatnya dari Bumi, kini giliran Uranus, si planet es raksasa lainnya untuk berada dekat dengan Bumi. Planet yang bergerak menggelinding ini akan tampak unik sebagai titik warna biru kehijauan di teleskop.
27 Oktober — Konjungsi Mars
Setelah tahun 2016, Mars berada pada titik terdekatnya dari Bumi, maka tahun 2017 Mars akan berada di titik terjauh dari Bumi. Mars tidak akan tampak bagi pengamat di Bumi karena akan tampak dekat dengan matahari di langit siang.
22 Desember — Konjungsi Saturnus
Saturnus berada pada jarak terjauhnya dari Bumi. Saat konjungsi dengan Matahari, Saturnus akan berada pada sisi berlawanan dari Bumi dengan Matahari ada di antara keduanya. Dari sudut pandang pengamat di Bumi, Saturnus akan tampak sangat dekat dengan Matahari sehingga tidak akan tampak bagi pengamat di Bumi. Jika Saturnus bisa diamati, maka planet cincin ini akan tampak kecil dan redup.

Comments

Artikel lainya

IKAN BAKAR SEAFOOD GENTENG SURABAYA

STMJ Pusura " Pak Jo "

WARUNG SEDERHANA " Gubeng Pojok Surabaya

Gerak jalan surabaya mojokerto

LARI 10K HARI PAHLAWAN 2016